Berita

    Cek! Ternyata Ini Cara Putar Balik Mobil yang Mulus dan Gampang

    Putar balik mobil merupakan salah satu keterampilan dasar yang perlu dikuasai oleh pengemudi mobil. Namun, hal ini bukan merupakan hal yang mudah khususnya bagi pengemudi baru. 

    Seperti yang kita tau, lalu lintas di Indonesia terutama jalan-jalan di kota besar semakin padat dengan banyaknya kendaraan di jalan. Ini juga akan membuat Anda lebih sulit untuk melakukan putar balik. 

    Tetapi jangan khawatir, karena ada beberapa teknik putar balik mobil yang baik dan sangat mudah tanpa menimbulkan kemacetan maupun situasi berbahaya bagi Anda dan pengendara lain, berikut tekniknya:

    Teknik Putar Balik Mobil

    Salah satu aturan yang perlu diperhatikan saat putar balik adalah aturan menggunakan kopling dan rem untuk mengatur kecepatan yang sesuai saat bergerak maju atau mundur saat berbelok. 

    • Amati Titik Buta dengan Melihat dari Balik Bahu Anda

    Ketika pengemudi tidak dapat melihat semua titik, itu disebut titik buta. Khusus untuk mobil dengan panjang yang cukup besar, mengamati titik buta dengan melihat dari balik bahu sangatlah penting. 

    Karena sewaktu-waktu kendaraan bisa muncul di belakang Anda di titik buta, tetapi jika pengemudi tidak memperhatikan dengan seksama sebelum putar balik, tingkat kecelakaan sangat tinggi.

    • Putar Bahu Anda untuk Mengamati Titik Buta

    Observasi over-the-shoulder akan membantu Anda sebagai pengemudi untuk dengan mudah melihat blind spot, saat ini mata pengemudi harus selalu mengamati rintangan di jalan saat membelokkan kendaraan. 

    Namun perlu diperhatikan bahwa menoleh ke belakang bukan berarti akan menoleh ke belakang untuk mengamati. Karena ketika melewati kendaraan seperti itu akan menyebabkan kaki dan tangan berada pada posisi yang salah, mudah salah menginjak pedal gas, penyetelan. Roda kemudi tidak dalam arah yang benar.

    • Selalu Ganti Gigi Sebelum Mengemudi

    Teknik putar balik yang tidak bisa Anda abaikan adalah selalu mengganti gigi sebelum mengemudi. 

    Setelah Anda melihat sekeliling dengan cermat, Anda melanjutkan untuk memperlambat, mengatur persneling lebih rendah dari manual sambil memutar setir sedikit ke kanan. 

    Saat kendaraan Anda tiba di tikungan, dengan cepat putar setir ke kiri dan cepat mundur kendaraan untuk memperlambat saat roda depan kendaraan mendekati sisi kiri jalan.

    • Pindahkan Gigi Sebelum Kemudi