Berita

    Jangan Sampai Salah, Isi Tekanan Angin untuk Ban Mobil, Ini Tekanan Ban Mobil yang Ideal.

    Tekanan ban mobil adalah salah satu aspek penting dalam berkendara yang harus tetap dijaga. Perlu Anda ketahui, tekanan ban kendaraan wajib dalam keadaan ideal, tidak lebih maupun kurang. Dengan begitu, performa mobil akan tetap lancar dan bebas kendala.

    Tekanan ban yang ideal sangat penting bagi keselamatan. Oleh sebab itu, kali ini akan dibahas cara mengetahuinya serta dampak apa yang ditimbulkan bila tidak sesuai. Maka demikian, ikuti informasi selengkapnya dalam artikel ini!

    Tips Mengetahui Tekanan Ban Mobil Ideal

    Jadi, masing-masing jenis mobil memiliki aturan tekanan ban idealnya sendiri-sendiri. Oleh sebab itu, tidak ada patokan khusus yang bisa digunakan semua mobil. Bagaimanapun juga, Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa menemukan informasi tersebut di mobil.

    Informasi mengenai tekanan angin ban mobil yang ideal dinamakan Informasi Tekanan Ban atau Tire Loading Information. Pada umumnya, Anda akan menemukannya di bagian bingkai pilar pintu depan yang terletak di kanan mobil atau pintu sopir.

    Untuk mempermudah mencarinya, cobalah untuk mengecek bagian bawah jok pengemudi. Di sanalah Anda akan menemukan informasi tersebut dengan bentuk stiker persegi. Perhatikan baik-baik apa saja yang ditulis di sana, seperti tekanan angin dalam satuan psi.

    Misalnya, Anda akan menemukan data yang bertuliskan 38 psi. Jadi, tekanan ban mobil yang ideal adalah 38 psi dan usahakan untuk menepatinya. Tak hanya itu saja, Anda juga kan menemukan ukuran standar dari ban mobil Anda, contohnya 205/65R16.

    Meskipun berbeda, namun pada umumnya mobil sedan akan mempunyai tekanan ban ideal antara 30 hingga 33 psi. Sementara itu, mobil berjenis city car mempunyai tekanan ban ideal antara 30 hingga 36 psi.

    Lalu, ada juga mobil berjenis MPV yang mempunyai tekanan ban ideal antara 33 hingga 36 psi. Di atas MPV, ada mobil berjenis SUV yang mempunyai tekanan ban ideal antara  35 hingga 40 psi.

    Meskipun demikian, Anda juga perlu memperhatikan berbagai faktor lainnya dalam menentukan tekanan yang ideal untuk ban mobil Anda. Misalnya bila beban yang diangkut lebih berat, maka Anda perlu menaikkan tekanan angin dalam ban mobil Anda.

    Dampak Kekurangan atau Kelebihan Tekanan pada Ban

    Tekanan pada ban mobil yang sesuai tentu akan mempengaruhi kenyamanan Anda serta penumpang dalam berkendara. Namun selain itu, ada berbagai dampak lain yang mempengaruhi keselamatan. Inilah penjelasannya:

    Dampak Kekurangan Tekanan Angin pada Ban