Berita

    Ketahui Cara Trail Braking, Teknik Pengereman Sambil Berbelok

    Trail braking, ini merupakan istilah yang kerap kali terdengar dalam ajang balap. Secara teknik, cara trail-braking tidaklah mudah karena dibutuhkan keahlian khusus untuk memperoleh hasil yang maksimal terutama ketika masuk dalam tikungan.

    Dalam ajang balap, trail-braking begitu bermanfaat untuk mempercepat kemenangan menuju garis finish. Trail-braking juga membantu transisi antara pengereman dan tikungan jadi lebih mulus sehingga stabilitas dan kontrol laju kendaraan bisa diatur dengan maksimal. 

    3 Cara Trail Braking Secara Tepat

    Terdapat tiga cara dalam melakukan trail-braking secara tepat. Nah, apa saja cara-cara untuk melakukan hal ini dengan baik dan benar? Temukan jawabannya melalui ulasan di bawah ini!

    • Menekan Pedal Rem Ketika Mobil Melambat

    Saat laju mobil lambat, tekan pedal rem lalu kaki kanan diangkat dari pedal rem dan kembali melaju ke pedal gas. 

    • Pedal Gas Dahulu Baru Berbelok

    Ingat, pastikan Anda menginjak pedal gas terlebih dahulu baru kemudian berbelok ke arah tikungan. Jika semua tikungan sudah dilalui, lakukan gas kembali. 

    Sebenarnya, cara trail-braking perlu dilakukan dengan bertahap. Maksudnya, lepaskan rem ketika akan berbelok dan lakukan secara bertahap. 

    • Lakukan Rem-Gas Berulang dengan Benar

    Apabila Anda ingin berhasil melakukan trail tracking, maka penting sekali untuk memperhatikan waktu yang tepat untuk menginjak pedal gas dan rem. Pasalnya, Anda harus melakukan hal tersebut secara berulang tiap kali menemui tikungan. 

    Ketika Anda menekan pedal rem, lakukan hingga mobil melambat. Lalu, berbelok ke tikungan sembari kaki kanan tetap berada di pedal rem dan secara bertahap angkat. Jika tikungan selesai, barulah tekan kembali pedal gas dan pastikan caranya tepat dilakukan.  

    Waktu yang Tepat Melakukan Trail Braking

    Sebelumnya sempat disinggung mengenai waktu dalam cara trail-braking. Terkait hal tersebut, waktu termasuk pertimbangan utama untuk melakukan teknik tersebut. Berikut rekomendasi waktu yang ideal untuk melakukan trail-braking. 

    • Menyesuaikan Setting atau Tipe Mobil

    Waktu yang tepat ketika melakukan trail-braking, yakni menyesuaikan dengan setting atau tipe dari mobil Anda. Jika mobil tersebut kondisinya cenderung oversteer ketika berada di tikungan, sebaiknya tidak perlu melakukan trail-braking saat akan berbelok. 

    • Saat Masuk Tikungan Tajam