Berita

    Pentingnya Membersihkan Roda Mur pada Mobil di Musim Hujan.

    Hujan yang terus datang bisa membawa banyak kotoran menempel pada bagian-bagian mobil, apalagi jika Anda sering mengendarai mobil melewati genangan air atau lumpur. Salah satu bagian yang sering kotor adalah sela-sela roda mur mobil. 

    Masih banyak pengendara yang tidak membersihkan sela-sela ini. Biasanya, mobil hanya dibilas saja sehabis selesai dipakai. Padahal, karat dapat muncul pada bagian drat mobil jika kotoran yang menempel didiamkan saja.

    Nah, ada berbagai manfaat yang bisa langsung dirasakan jika sela-sela mur dibersihkan secara rutin dan tuntas. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Baca penjelasannya di bawah ini!

    Manfaat Membersihkan Sela-sela Roda Mur Mobil

    Ada empat keuntungan membersihkan roda mur kendaraan roda empat ini. Berikut penjelasan masing-masing:

    • Mencegah Timbulnya Karat

    Ketika Anda berkendara melewati genangan air yang keruh atau genangan lumpur yang kotor, kotoran ini akan mengering lalu menempel di bagian drat atau alur mur. Apabila terus dibiarkan, akan ada penumpukan pada bagian ini.

    Lantas, kotoran yang menumpuk ini bisa membentuk plak, kemudian akan memicu karat. Karat pada bagian mur bisa merusak komponen lainnya. Maka dari itu, Anda perlu membersihkan kotoran yang menempel atau mengendap pada roda mur mobil.

    • Menjaga Penampilan Mobil

    Membilas mobil setelah hujan dapat sedikit membersihkan mobil. Akan tetapi, membilas saja masih meninggalkan endapan air atau kotoran yang menempel pada sela-sela mur.

    Hal ini bisa menyebabkan tumbuhnya jamur. Alhasil, bagian ini dan juga pelek roda mobil akan terlihat kusam dan tidak mengkilap. Jika terus dibiarkan akan ada karat pada bagian drat.

    Jika Anda merupakan seseorang yang ingin menjaga penampilan mobil, tentunya jamur dan karat akan sangat mengganggu tampilan mobil, bukan? Jadi, lebih baik Anda membersihkan sela-sela roda mur mobil secara berkala untuk menghindari hal ini.

    • Roda Mobil Jadi Lebih Mudah Dibuka

    Salah satu alasan roda mobil sulit dibuka adalah mur yang tidak dijaga kebersihannya. Karat yang muncul menjadi penyebab mur jadi macet dan sulit untuk dibuka.

    Hal ini akan jadi masalah baru ketika Anda ingin mengganti ban mobil, apalagi ketika ban bocor di tengah jalan dan Anda harus menggantinya sendiri.

    Nah, proses mengganti roda mobil akan jadi lebih mudah jika Anda membersihkan sela-sela mur. Segerakan membersihkan bagian ini bila Anda tidak ingin kerepotan mengganti atau membuka ban mobil. 

    • Perawatan Mobil Jadi Lebih Mudah