Berita

    Alasan Modifikasi Kendaraan dengan Profil Ban Mobil Tipis

    Profil ban mobil tipis pada awalnya dipakai untuk kebutuhan mobil balap dan mobil sport mewah. Akan tetapi, akhir-akhir ini modifikasi tersebut juga digunakan untuk kendaraan pribadi lainnya. Alasannya untuk estetika agar terlihat menarik. 

    Namun, ketahuilah jika memodifikasi kendaraan menggunakan ban jenis ini tidak hanya sekadar untuk mempercantik mobil. Ada hal lainnya yang perlu diperhatikan, sebab pengubahan kondisi ban dapat mempengaruhi kondisi laju mesin pula. 

    Pahami Dulu Tentang Profil Ban yang Tipis Itu

    Untuk memahami tentang ban low profile, Anda harus terlebih dahulu memahami bagaimana ukuran ban. Biasanya, di bagian luar ban akan tertulis angka seperti P175/65R14. Angka pertama adalah lebar penampang ban dalam milimeter. Angka kedua, dalam hal ini 65, adalah rasio aspek yang menunjukkan ketinggian dinding samping.

    Dalam contoh ini, rasio aspeknya adalah 65% dari lebar penampang (175), memberi Anda tinggi dinding samping sekitar 114 mm. Semakin rendah angka ini, semakin pendek pula dinding sampingnya. Umumnya, ban profil yang tipis adalah jenis ban dengan rasio aspek 55 atau kurang. 

    Kekurangan Menggunakan Ban Profil Tipis

    Dalam pemakaian profil ban mobil tipis, pastinya ada keuntungan dan kerugiannya. Akan tetapi, dalam ulasan ini Anda akan mengetahui apa saja yang menjadi kekurangannya. Tujuannya, agar Anda lebih berhati-hati sebelum memutuskan untuk memodifikasi kendaraan dengan jenis ban ini. 

    Nah, berikut kekurangan menggunakan ban profil tipis: 

    • Perjalanan terasa lebih kaku dan bergelombang 

    Menggunakan ban profil yang tipis memberikan lebih sedikit ruang antara kendaraan dan jalan, sehingga membuat sistem suspensi harus bertanggung jawab untuk menyerap guncangan dari berbagai gundukan di jalan. 

    Jika sistem suspensi kendaraan Anda dikonfigurasi untuk jenis ban berprofil tipis, maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah. 

    Akan tetapi, bila ternyata sistem suspensi dikonfigurasi untuk tipe ban profil lebar, kemudian Anda modifikasi dengan ban profil tipis, itu berisiko terjadinya kerusakan serius selain perjalanan akan terasa kaku, keras, serta bergelombang. Tentu hal tersebut tidak akan menyenangkan. 

    • Dapat menyebabkan kerusakan pada roda

    Pada dasarnya, ada sedikit bantalan yang membatasi antara pelek dan roda, serta jalan. Ketika Anda mengubah ban dengan profil ban mobil tipis, dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Sehingga kerusakan bisa saja terjadi.