Berita

    Featured Image

    Dampak Suka Parkir Mobil di Permukaan Miring

    Kebiasaan memarkirkan mobil di permukaan jalan yang miring ternyata membawa masalah bagi kendaraan Anda. Ada beberapa dampak suka parkir mobil di permukaan miring yang sebaiknya diwaspadai agar Anda lebih berhati-hati. 

    Kondisi jalan yang miring ini memang tidak mudah untuk ditaklukkan. Anda juga butuh keahlian khusus jika ingin parkir di permukaan yang miring. Lebih dari itu, jika hal ini dilakukan terus-menerus, ada masalah yang mengancam mobil Anda. 

    Dampak Suka Parkir Mobil di Permukaan Miring

    Banyak pengguna mobil yang sering berhadapan dengan jalanan dengan permukaan miring. Hal ini dipengaruhi oleh lokasi tempat tinggal atau area bekerja mereka. Jika memang banyak jalanan dengan permukaan miring, mau tidak mau harus dihadapi. 

    Namun perlu diketahui bahwa parkir mobil di area yang miring ternyata bisa memicu masalah. Apalagi jika hal ini dilakukan berulang kali bahkan setiap hari dengan posisi parkir yang cukup lama. 

    Kebiasaan parkir di permukaan miring bisa berdampak langsung pada kondisi kaki-kaki mobil tersebut. Hal ini bisa memperpendek usia suspensi di bagian sisi yang menjadi penopang berat mobil. 

    Dampak suka parkir mobil di permukaan miring akan langsung terlihat pada kondisi kaki-kaki mobil. Selanjutnya hal ini akan menurunkan performa mobil Anda dan bisa semakin parah jika berlangsung untuk jangka waktu lama. 

    Solusi yang Bisa Diterapkan

    Memang sangat disarankan untuk parkir mobil di permukaan jalan yang rata. Namun apa jadinya jika medan jalan yang tersedia memiliki permukaan miring? Dalam kondisi ini berarti Anda harus parkir di jalanan tersebut, bukan?

    Jika Anda memang harus parkir di area jalan yang miring, maka Anda perlu menerapkan beberapa strategi khusus. Berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan sebagai solusi parkir di permukaan jalan miring. 

    • Pastikan Ban Depan Mengarah ke Pundak Jalan

    Tips pertama, pastikan ban depan mobil Anda mengarah ke bagian pundak jalan atau trotoar. Hal ini dilakukan agar bagian ban tertahan di permukaan tersebut.

    Selain itu, posisi ini juga akan mempermudah Anda untuk mengeluarkan mobil. 

    • Nyalakan Mode Parkir

    Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah menyalakan mode parkir. Jika Anda memakai mobil dengan sistem transmisi otomatis, cobalah untuk menyesuaikan tuas transmisinya. 

    Jika Anda mengaktifkan mode parkir, maka mobil akan selalu berada pada posisi yang tepat dan tidak bergerak. Selain itu, hal ini pun penting dilakukan agar mobil Anda bisa menyesuaikan dengan tingkat kemiringan jalan. 

    • Masukkan Gigi

    Bagi pengguna mobil dengan transmisi manual, cobalah untuk memasukkan gigi 1 pada mobil. Langkah ini perlu dilakukan agar roda pada mobil terkunci dan tidak bergerak selama parkir. 

    Masukkan Gigi saat parkir

    Cara satu ini dapat Anda lakukan jika mobil parkir dalam status menurun. Selain itu Anda juga perlu memasukkan transmisi mundur atau R dalam kondisi tersebut. 

    • Gunakan Pengganjal

    Strategi lain yang dapat Anda lakukan adalah memakai pengganjal ban mobil. Jika Anda parkir di posisi jalan yang miring, ganjal dulu ban mobil Anda dengan balok kayu atau bisa juga pakai batu bata. 

    Pengganjal ini mungkin terbilang simpel namun bisa menekan risiko mobil bergerak atau meluncur. Pilihlah pengganjal yang kuat dan pasang dengan tepat. 

    Pahamilah dampak suka parkir mobil di permukaan miring agar Anda bisa lebih waspada. Jika Anda melakukannya dengan cara yang tepat maka hal ini tidak akan memicu kerusakan besar.