Berita

    Ini Dia Beberapa Alasan Harus Mematikan Lampu Kabin Mobil di Malam Hari

    Perjalanan jauh atau pulang dari aktivitas pekerjaan seringkali keadaan mengharuskan kita terpaksa untuk berkendara pada malam hari. Saat mengemudi malam, maka wajib mematikan lampu kabin mobil selama perjalanan.

    Secara garis besar, cara ini untuk mencegah risiko kecelakaan saat berkendara pada malam hari. Tak hanya itu, mematikan lampu kabin juga bisa memberikan kenyamanan serta keamanan bagi pengendara lainnya. Beberapa poin ini menjadi alasan mengapa mematikan lampu kabin pada mobil itu sangat penting.

    Mengapa Lampu Kabin Mobil di Malam Hari Harus Dimatikan?

    Agar perjalanan Anda nyaman, disarankan untuk tidak membiarkan lampu kabin menyala saat mengendarai mobil malam hari. Ini dia beberapa alasannya yang wajib Anda pahami!

            1. Menyesuaikan Penglihatan

    Manusia memiliki pupil mata yang setiap waktu akan mudah berubah tergantung intensitas cahaya yang diterima. Pada waktu malam, pupil mata biasanya akan mengecil sehingga jumlah cahaya yang masuk menjadi lebih sedikit.

    Hal tersebutlah yang menyebabkan kemampuan penglihatan Anda bisa terganggu saat mengendarai mobil di malam hari. Maka dari itu, disarankan agar mematikan lampu kabin untuk memastikan keselamatan nyawa pengendara mobil yang mengemudi di malam hari.

            2. Tidak Mengganggu Konsentrasi Pengemudi

    Setiap pengemudi wajib fokus menyetir dan memperhatikan marka jalan serta rambu-rambu lalu lintas sepanjang perjalanan. Terlebih lagi apabila pengemudi membawa jumlah penumpang yang cukup banyak saat di jalan. 

    Maka dari itu, hindari aktivitas penerangan yang bisa mengganggu pandangan saat mengemudi. Contohnya seperti menyalakan lampu kabin pada malam hari. Hal ini tentu bisa membahayakan pengendara lain saat melakukan perjalanan di area yang gelap.

            3. Daya Aki Lebih Hemat

    Jika Anda mengendarai mobil di malam hari, bijaklah dalam menggunakan aki untuk menghemat daya listrik. Aki merupakan komponen pada kendaraan mobil sebagai penghasil energi listrik. Oleh sebab itu, lampu kabin mobil bisa menyala karena daya aki yang masih terisi penuh. 

    Sehingga, apabila lampu dibiarkan menyala secara terus menerus, tentu ini akan membuat aki lebih boros digunakan. Jika lampu kabin dimatikan, tentu ini membuat daya aki lebih hemat dan tidak akan cepat habis.

            4. Privasi Mobil Terjaga

    Saat melakukan perjalanan, perlu sekali untuk berhati-hati agar terhindar dari tindakan kriminal di sepanjang jalan. Beberapa tindakan seperti pencurian, begal, dan lain-lain bisa terjadi diakibatkan tidak adanya privasi dari dalam mobil. Mengingat kebanyakan dari pelaku penjahat akan melakukan aksinya di area atau jalanan yang sepi dan gelap.