Berita

    Featured Image

    Kebiasaan Buruk di Jalan Tol yang Harus Dihindari

    Mengemudi di jalan tol sebaiknya dilakukan dengan tepat dan penuh kehati-hatian. Anda bisa menerapkan beberapa tips mengemudi di jalan tol agar bisa berkendara dengan aman dan terhindar dari risiko kecelakaan. 

    Jalan tol memang memberi banyak kemudahan bagi kita dan bisa menghemat waktu berkendara. Namun pastikan untuk tidak sembarangan saat berkendara agar tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain. 

    Tips Mengemudi di Jalan Tol

    Sampai saat ini, angka kecelakaan di jalan tol masih cukup tinggi. Hal tersebut dipicu oleh banyak hal dan salah satunya karena pengemudi tidak mengendarai mobil mereka dengan baik. 

    Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang harus Anda hindari saat mengemudi di jalan tol.

    • Melebihi Batas Kecepatan

    Mengemudi di jalan tol yang lengang dan tanpa hambatan seringkali membuat seseorang merasa bebas. Pada akhirnya banyak orang yang berkendara dengan kecepatan melebihi batas maksimal. 

    Jika Anda perhatikan, jalan tol selalu memiliki rambu yang menunjukkan aturan batas kecepatan. Sebaiknya pastikan untuk selalu mengikuti aturan tersebut dan tidak berkendara terlalu cepat. 

    • Pindah Jalur Sembarangan

    Banyak juga pengemudi yang sembarangan pindah jalur ketika berada di jalan tol. Hal ini jelas sangat berbahaya karena jika tidak hati-hati Anda bisa menabrak kendaraan lain. 

    Jika ingin pindah jalur, pastikan untuk bersiap-siap terlebih dahulu. Perhatikan seperti apa kondisi di sekitar dan berpindahlah di waktu yang tepat. 

    • Bermain Ponsel

    Sampai saat ini masih banyak orang yang bermain ponsel sambil mengemudi. Padahal ini jelas merupakan sebuah kebiasaan yang buruk dan tidak seharusnya dilakukan karena bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain. 

    • Tidak Jaga Jarak

    Menjaga jarak dengan kendaraan lain jelas merupakan aturan penting saat mengemudi. Termasuk saat Anda berkendara di jalan tol, jangan sampai berkendara terlalu dekat dengan kendaraan di depan maupun belakang. 

    Menjaga jarak dengan kendaraan lain akan membantu Anda tetap berkendara dengan aman. Jika terjadi sesuatu maka Anda tidak langsung menabrak atau ditabrak kendaraan lain. 

    • Mengemudi di Bahu Jalan Tol

    Salah satu tips mengemudi di jalan tol agar tetap aman adalah dengan mengikuti jalur yang sudah ditentukan. Selain jaga kecepatan tidak melebihi batas aman, Anda juga harus mengikuti jalur yang tersedia. 

    Sayangnya masih banyak pengemudi yang mengendarai mobil mereka di bahu jalan tol. Tindakan ini sangat salah karena bisa menyebabkan kecelakaan saat ada mobil yang beristirahat atau berhenti di sana. 

    • Mengemudi saat Mengantuk

    Kebiasaan mengemudi walaupun dalam kondisi mengantuk juga tidak seharusnya Anda lakukan di jalan tol. Mengemudi dalam kondisi mengantuk bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. 

    Jika Anda mengantuk maka beristirahatlah sejenak dan lanjutkan perjalanan jika kondisi tubuh sudah kembali segar. Apalagi jika Anda harus mengemudi dengan jarak yang cukup jauh. 

    • Terbawa Emosi saat Mengemudi

    Hindari juga kebiasaan mengemudi sambil terbawa emosi. Hal ini cukup sering terjadi pada pengemudi yang kurang berpengalaman. Biasanya mereka akan mudah terbawa emosi dan tidak bisa mengendalikan mobil dengan baik. 

    Kebiasaan mengemudi seperti ini juga sebaiknya tidak dilakukan di jalan tol karena sangat berbahaya. Anda harus berkonsentrasi saat mengemudi dan tidak mengedepankan emosi.