Berita

    Kenali Fungsi Lampu Tembak Mobil dan Etika Dalam Menggunakannya

    Lampu memiliki fungsi utama untuk pencahayaan atau penerangan saat melakukan perjalanan khususnya pada malam hari. Namun lampu-lampu tertentu tak boleh disalahgunakan, karena ia juga memiliki fungsi tertentu sebagai alat komunikasi antara pengendara. Misalnya lampu hazard. Seperti lampu hazard, lampu tembak juga memiliki fungsi tertentu. Lampu jarak jauh ini yang memiliki kemampuan pencahayaan dengan jangkauan yang jauh. Biasanya digunakan saat melintasi jalan gelap dalam penjelajahan atau perjalanan jauh dengan pencahayaan jalan yang minim atau saat kabut. Lampu tembak menggunakan teknologi HPL (High Pressure Laminate) yang mampu menembus jalanan berkabut dan gelap sehingga perjalanan akan lebih aman, karena pengemudi bisa mengetahui kondisi jalan di depannya.

    Fungsi Lampu Tembak

    Supaya penggunaan lampu tembak tepat guna, ketahui dahulu fungsi lampu tembak mobil itu sendiri. Berikut ini fungsi dari Lampu Tembak yang harus anda ketahui

    1. Penerangan Jalan Gelap

    Lampu tembak biasanya digunakan sebagai lampu tambahan untuk sebuah perjalanan dengan lintasan yang gelap. Umumnya digunakan kendaraan offroad untuk ekspedisi di jalur offroad yang gelap tanpa penerang jalan. Jangkauan pencahayaannya yang jauh, dapat diandalkan untuk mengetahui kondisi jalan gelap yang ada di lintasan mobil. Lampu tembak atau lampu sorot tidak hanya dipakai pada mobil. Ia juga sering digunakan untuk penerangan stadion atau taman.

     2.Penerangan Lintasan Berkabut

    Lampu tembak juga biasa diandalkan untuk menerangi jalan di daerah berkabut. Kemampuan pencahayaanya yang tinggi membuat jangkauan cahayanya bisa menembus kabut, sehingga memudahkan perjalanan di daerah yang berkabut. Sama seperti mobil penjelajah, mobil-mobil yang sering melintasi jalan dengan tingkat kebut yang tinggi, bisa menggunakan lampu tembak, sebagai alat penerangan tambahan untuk menerangi jalan yang akan dilintasi. Pada saat mobil melintasi medan gelap atau berkabut tebal, lampu tembak yang biasa digunakan juga menjadi alat komunikasi atau penanda bagi pengguna kendaraan lain, bahwa ada mobil lain dari arah berlawanan, sehingga menghindari kecelakaan.

     3. Penanda untuk Menyalip

    Lampu tembak bisa dipakai sebagai alat komunikasi pada mobil yang ada di depan atau mobil yang berlawanan, bahwa mobil Anda akan melakukan take over jalur untuk mendahului atau menyalip mobil yang ada di depannya. Dengan menggunakan lampu tembak, praktis pengemudi di depan atau berlawanan akan memberikan ruang untuk menyalip. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman di jalan yang bisa menyebabkan risiko kecelakaan.