Berita

    Ketahui Cara Mengatasi Knalpot Mobil yang Bocor

    Bagi para pemilik kendaraan terutama kendaraan beroda empat, knalpot bocor tentu menjadi hal yang sangat mengganggu.

    Umumnya knalpot digunakan sebagai tempat pembuangan gas dari sisa pembakaran, seiring bertambahnya usia kendaraan Anda, tentunya performa knalpot kendaraan pun ikut menurun. Salah satunya menyebabkan knalpot mobil jadi bocor. 

    Knalpot mobil bocor dapat menyebabkan performa mobil Anda jadi menurun dikarenakan adanya proses pembuangan gas berbahaya dari sisa pembakaran menjadi tidak sempurna. Ciri khas dari kendaraan dengan knalpot yang bocor adalah keluarnya asap putih atau hitam dari mobil Anda.

    Asal Mula Knalpot Mobil Bocor

    Penting untuk Anda ketahui tentang penyebab kenapa knalpot kendaraan Anda jadi bocor, sebagai berikut:

    • Ada Bagian yang Retak

    Umumnya knalpot bocor karena adanya bagian dari knalpot yang retak. Seringnya bagian yang retak ini disebabkan karena usia pemakaian kendaraan yang sudah cukup lama dan akhirnya membuat knalpot mobil Anda jadi aus.

    • Lama Pemakaian

    Perlu Anda ketahui bahwa setiap komponen terutama knalpot pada kendaraan Anda tentu akan mengalami penurunan kualitas jika terlalu sering digunakan. Hal ini justru membuat performa knalpot mobil Anda sudah tidak sama lagi dengan ketika Anda memakai kendaraan pertama kali.

    • Alami Korosi

    Korosi atau berkarat tentunya akan terjadi karena bahan dasar knalpot terbuat dari besi. Besi sendiri sangat rentan dalam mengalami korosi, terutama jika Anda jarang merawat dan membersihkannya. Pasalnya karat yang sudah menumpuk terlalu lama akan membuat knalpot kendaraan Anda jadi cepat rusak.

    • Paking Knalpot Bocor

    Salah satu kegunaan dari paking knalpot adalah untuk menjaga agar leher knalpot dengan blok silinder tetap rapat demi menghindari terjadinya kebocoran. Namun, jika paking alami kebocoran maka peluang knalpot mobil alami kebocoran pun jadi tinggi.

    Tanda-Tanda Knalpot Kendaraan Bocor

    Mungkin Anda sering berpikir kalau knalpot mobil Anda mengeluarkan air menjadi tanda kalau itu bocor. Faktanya, air yang keluar dari knalpot belum tentu menandakan jika knalpot kendaraan Anda bocor. 

    Ada 3 tanda-tanda knalpot mobil bocor yang perlu Anda pahami sebelum membawa kendaraan Anda ke bengkel, sebagai berikut:

    • Performa Mesin Alami Penurunan