Berita

    Ketahui Cara Reset Alarm Mobil

    Ada kalanya alarm mobil bekerja di luar fungsinya dan cara terbaik untuk mengembalikannya adalah dengan cara reset alarm mobil.

    Alarm mobil adalah salah satu bentuk keamanan yang banyak digunakan oleh orang-orang untuk menghindari mobil mereka dari perampokan atau kecurian. 

    Jika Anda membeli mobil, biasanya beda merek atau beda jenis mobil akan memiliki struktur dan pengaturannya, sistem anti-pencurian yang berbeda.

    Sistem anti-pencurian mobil biasanya melindungi mobil dengan membunyikan alarm dengan klakson dan lampu, mencegah mobil menghidupkan start engine, hingga mengirimkan pemberitahuan kepada pemilik mobil melalui smartphone mereka. 

    Sinyal yang digunakan dalam alarm mobil disebut dengan sinyal ECU anti-pencurian. Jika mendeteksi Tindakan mencurigakan di sekitar mobil, sinyal ECU anti-perampokan akan mengeluarkan perintah untuk mengaktifkan sistem alarm. 

    Pada saat ini, sirine mobil akan otomatis berbunyi diikuti oleh lampu mobil berkedip terus menerus. Di beberapa mesin, sinyal ECU juga mencegah start engine berfungsi. 

    Selain membuat repot, ini juga akan  menimbulkan kebisingan hingga mengganggu semua orang di sekitar. Jika sudah bunyi berulang kali, mungkin ini adalah tanda bagi Anda mereset alarm mobil segera sebelum menimbulkan lebih banyak masalah, berikut ini adalah caranya !

    Beberapa Cara Reset Alarm Mobil Adalah Sebagai Berikut:

    • Kembalikan Alarm Mobil ke Setelan Pabrik 

    Untuk reset alarm mobil, Anda bisa menggunakan trik sederhana yaitu dengan kunci pintu mobil. Ini adalah cara paling gampang karena kebanyakan alarm mobil dari setelan pabrik berhubungan dengan kunci atau sensor kunci pada mobil. 

    • Putuskan Sambungan dengan Baterai yang ada di Alarm

    Cara selanjutnya untuk mereset alarm adalah Anda dapat memutuskan sambungan baterai yang ada pada alarm. Cara ini juga berfungsi saat alarm Anda tiba-tiba berbunyi atau saat sirine mobil sulit untuk dimatikan.

    Untuk memutuskannya, Anda mungkin akan sedikit membutuhkan bantuan obeng atau tang. Karena kabel sambungan ada di dalam kap mesin, Anda bisa lepaskan terminal bagian negatif lalu reset alarm ke setelan pabrik. 

    • Setel Ulang Menggunakan Buku Petunjuk 

    Ini termasuk cara teraman jika Anda ingin mereset alarm pada mobil Anda. Lihatlah langkah-langkah yang diberikan oleh buku petunjuk lalu reset sesuai arahan yang tertera lalu hidupkan kembali alarm jika Anda membutuhkannya.  

    • Lepaskan Sekring pada Alarm Mobil