Berita

    Ketahui Tips Mengemudi Mobil untuk Pemula

    Mengemudi kendaraan khususnya roda empat diperlukan latihan dan pembiasaan agar Anda tidak kaku dan bisa lebih tenang menghadapi situasi jalanan. Supaya bisa mengemudi dengan nyaman dan aman Anda perlu mengetahui tips mengemudi mobil yang tepat untuk pemula.

    Sebelum memutuskan untuk berkendara ke jalan raya pastikan Anda sudah berlatih terlebih dahulu. Melatih kemahiran dalam mengemudi mobil bisa dilakukan dengan mengikuti kursus mengemudi yang didampingi tenaga profesional. 

    Tips Mengemudi Mobil untuk Pemula yang Aman 

    Jika Anda belum siap mengemudi mobil di jalan raya sebaiknya jangan memaksakan diri, sebaiknya berlatihlah hingga benar-benar merasa yakin. Bagi Anda yang baru belajar mengemudi sebaiknya simak tips berikut ini. 

            1. Kenali Jenis Mobil yang Anda Gunakan

    Tips mengemudi mobil yang pertama Anda harus mengenali jenis mobil yang dipakai, apakah mobil tersebut menggunakan transmisi manual atau otomatis (matic). Mobil dengan transmisi manual cenderung lebih rumit dibandingkan mobil matic namun lebih irit bahan bakar.

    Namun, saat menggunakan mobil manual Anda harus bisa mengatur gigi, pedal rem, dan gas secara mandiri. Lain halnya jika Anda menggunakan jenis mobil matic, meskipun terbilang lebih mudah mobil matic membutuhkan biaya perawatan yang cukup mahal.

    Tidak hanya itu, terkadang sering terjadi masalah saat melintasi jalan tanjakan dan lebih boros bahan bakar. 

            2. Daftar Kursus Mengemudi

    Setelah mengenal jenis dan komponen mobil, selanjutnya Anda perlu mengikuti kursus mengemudi. Dengan mengikuti kursus tersebut Anda bisa belajar banyak hal mengenai cara mengendarai mobil yang benar dari instruktur. 

    Pastikan Anda memilih jasa kursus mengemudi yang mempunyai tenaga instruktur profesional dan sudah memiliki banyak pelanggan. Setidaknya Anda perlu mengikuti kursus mengemudi minimal 1 – 2 kali kursus supaya lebih luwes. 

            3. Dengarkan Arahan dari Instruktur

    Supaya cepat mahir mengemudi mobil Anda harus selalu mendengarkan arahan yang diberikan oleh instruktur. Biasanya instruktur akan memberikan peringatan ketika Anda mengemudi dengan cara yang salah.

    Saat ditegur sebaiknya jangan tersinggung dan dengarkan apa yang dia bicarakan. Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat mengerti cara berkendara yang baik di jalan raya.