Berita

    Mengantuk Saat Mudik? Lakukan Hal ini

    Menjelang waktu mudik, banyak hal yang perlu Anda persiapkan terlebih jika Anda berencana mengendarai kendaraan pribadi. Supaya bisa mendukung perjalanan ke kampung halaman dengan selamat, Anda perlu menjaga kebugaran tubuh agar tidak mudah lelah saat berkendara. Penting juga bagi Anda untuk mengetahui tips mengatasi ngantuk waktu mudik.

    Meski merupakan hal yang manusiawi, namun nyatanya mengantuk saat berkendara sangat membahayakan. Agar perjalanan mudik Anda lancar, artikel ini akan membagikan beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk mengatasi kondisi mengantuk saat perjalanan mudik.

    6 Tips Mengatasi Ngantuk Waktu Mudik

    Mengantuk bisa dibilang musuh yang harus dihindari oleh setiap orang saat berkendara. Pasalnya apabila Anda mengantuk dan lengah, Anda tidak hanya bisa mencelakakan diri sendiri namun juga pengguna jalan yang lain.

    Hal ini juga berlaku saat berkendara untuk perjalanan mudik. Supaya bisa merayakan Hari Raya bersama keluarga dengan menyenangkan di kampung halaman, maka Anda perlu sangat berhati-hati. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa mengatasi kantuk saat mudik.

    • Mempersiapkan Diri dengan Beristirahat

    Mudik umumnya telah direncanakan dari jauh-jauh hari. Supaya kondisi tetap fit, Anda perlu mempersiapkan diri dengan beristirahat. Berkendara dengan kondisi tubuh yang bugar juga tentunya akan membuat suasana hati menjadi lebih menyenangkan.

    Untuk itu, Anda disarankan untuk memperbanyak istirahat sebelum berangkat mudik. Dapatkan tidur yang cukup supaya saat berkendara, Anda bisa lebih fokus dan tidak mengantuk.

    • Membawa Bekal Minuman

    Selain perlu mempersiapkan kondisi tubuh, Anda juga bisa mengatasi rasa kantuk saat perjalanan mudik dengan membawa bekal minuman. Umumnya membawa air mineral saja sudah cukup.

    Namun apabila Anda merupakan penggemar kafein, Anda juga bisa membawa bekal kopi untuk diminum saat dirasa mulai mengantuk.

    • Menyalakan Radio Mobil

    Tips mengatasi ngantuk waktu mudik selanjutnya, yaitu Anda bisa menghidupkan suasana di mobil dengan menyalakan radio. Anda juga bisa menyalakan musik kesukaan Anda untuk menemani selama berkendara.

    Meskipun demikian, pastikan musik yang Anda dengar tidak memecah fokus berkendara Anda maupun membuat suasana di mobil menjadi lebih lesu. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menyalakan lagu dengan nada yang upbeat.

    • Mengobrol

    Apabila Anda merupakan tipe orang yang mudah mengantuk, maka sebaiknya hindari untuk berkendara saat mudik seorang diri. Dikatakan demikian karena umumnya mudik menghabiskan waktu perjalanan yang panjang dan membosankan, jika berkendara sendirian dikhawatirkan Anda akan mengantuk.

    Salah satu solusi untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan mengajak anggota keluarga untuk mudik bersama. Dengan begitu Anda jadi bisa mengajak anggota keluarga Anda yang lain untuk mengobrol dan menemani Anda selama perjalanan.

    • Jangan Memaksakan Diri

    Jika memang Anda merasa mengantuk, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri. Segeralah menepi di rest area terdekat. Dengan berhenti di area beristirahat, Anda tidak hanya bisa beristirahat sejenak melainkan juga bisa mengisi perut. Setelah merasa bugar kembali, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan ke kampung halaman.

    Jangan Memaksakan Diri dan istirahatPexels.com

    • Melakukan Peregangan

    Tips mengatasi ngantuk waktu mudik yang juga bisa Anda terapkan, yaitu dengan melakukan peregangan. Anda bisa melakukan peregangan ini seperti misalnya ketika terjebak macet.

    Dengan melakukan sedikit peregangan, maka hal ini bisa membantu untuk melancarkan peredaran darah Anda.

    Demikianlah pembahasan tentang tips-tips yang bisa Anda praktikkan untuk mengusir rasa kantuk saat perjalanan mudik.

    Selain perlu mengaplikasikan tips mengatasi ngantuk waktu mudik, Anda juga bisa mendukung perjalanan mudik yang aman dan nyaman ke kampung halaman dengan memastikan kondisi kendaraan Anda berada dalam kondisi yang prima.