Berita

    Memahami Penyebab Setir Mobil Goyang

    Pernahkah Anda merasa setir mobil goyang? Kondisi seperti ini tentu membuat rasa kenyamanan dan keamanan pengemudi menjadi terganggu selama perjalanan. Namun, seringkali pengguna mobil membiarkan hal ini terjadi yang beresiko sangat fatal

    Oleh sebab itu, hal seperti ini harus diketahui penyebab akar masalahnya. Sehingga pencegahan setir mobil yang goyang dapat diatasi dengan baik. Simak penjelasan lebih lengkap di bawah berikut!

    Penyebab Setir Mobil Goyang

    Masalah setir mobil yang terasa goyang bisa diakibatkan karena beberapa faktor yang cukup beragam. Apa saja itu? Berikut daftarnya:

    • Ban Mobil Bergelembung

    Ban mobil menggelembung menyebabkan setir goyang serta jalanan terasa tidak rata. Masalah ini sering kali dirasakan meski mobil melaju pada kecepatan yang rendah. Jika masalah ini terjadi, berarti menunjukkan kondisi ban sudah tidak layak pakai.

    Maka dari itu, Anda harus segera mengatasinya dengan ganti ban mobil agar tidak membahayakan lalu lintas. Pilihlah ban mobil dengan tepat, motif permukaan yang sesuai, serta kondisi terbaik agar ban tidak aus.

    • Velg Penyok

    Setir mobil goyang bisa juga disebabkan kondisi velg yang sudah penyok. Biasanya, masalah ini bisa timbul akibat mobil terlalu sering berkendara di jalanan berlubang dan terkena benturan.

    Velg yang penyok akan membuat kendaraan menjadi tidak seimbang dan membuat setir mobil terasa goyang. Maka dari itu, periksa kembali bagian ini karena velg merupakan komponen yang cukup penting pada kendaraan.

    • Masalah Engine Mount Mesin

    Engine Mount mesin berfungsi untuk menjaga kestabilan pada posisi mesin mobil. Jika bagian ini mengalami gangguan hingga kerusakan, maka dapat menyebabkan getaran mesin yang tidak tertahankan sehingga setir mobil menjadi bergoyang.

    Kondisi ini biasanya terjadi terutama pada mobil yang pernah mengalami tabrakan cukup parah. Maka dari itu perlu pengecekan secara berkala untuk meminimalisir getaran pada setir mobil agar berkendara tetap nyaman.

    • Kerusakan Link Stabilizer

    Penyebab setir goyang selanjutnya adalah kerusakan pada bagian link stabilizer terutama saat mobil melewati jalan berlubang dan rusak. Kerusakan ini menimbulkan bunyi mobil yang mengganggu saat berkendara.

    Seperti yang diketahui, link stabilizer memiliki peran penting untuk menahan goncangan dan getaran dari permukaan jalan yang tidak rata. Tidak heran apabila setir goyang mungkin bisa jadi karena komponen ini sedang bermasalah.

    Link stabilizer yang aus tentunya harus dilakukan penggantian secara keseluruhan. Pastikan Anda membeli produk yang berkualitas agar setir mobil tidak terasa goyang meski sedang melintasi jalan yang tidak rata atau berlubang.

    • Belum Spooring dan Balancing

    Masalah setir mobil terasa goyang bisa terjadi meski sedang melintasi jalanan yang rata dan halus. Hal ini biasanya diakibatkan kondisi roda mobil yang belum melakukan balancing sehingga keadaan roda sedang tidak baik.

    Selain balancing, penyebab lainnya juga bisa diakibatkan karena belum melakukan spooring. Akibatnya kendaraan terasa sulit untuk berjalan lurus dan mobil terasa oleng.

    Hal ini tentu tidak dapat dibiarkan karena bisa menyebabkan masalah yang cukup fatal. Oleh sebab itu, perlu melakukan spooring dan balancing secara rutin setidaknya 2-3 bulan sekali.

    Itu dia beberapa penyebab yang harus Anda ketahui dari setir mobil goyang. Jika hal ini terjadi, maka segera lakukan tindakan dengan melakukan perbaikan ke bengkel resmi dan terpercaya agar mobil kembali ke kondisi seperti semula.