Berita

    Simak Fungsi Compound Mobil & Cara Menggunakannya

    Apakah Anda memiliki mobil dengan body yang tergores atau baret? Tenang, tidak perlu terburu–buru membawanya ke bengkel karena Anda dapat menyiasati baretan dengan memakai compound mobil. 

    Kerap disebut sebagai kompon, ini merupakan zat pemoles yang memiliki sifat abrasif dan biasa digunakan untuk macam-macam hal, seperti contohnya untuk mengatasi baretan kecil atau memoles setelah perbaikan maupun pengecatan ulang bodi mobil.

    Saat menyamarkan atau menghilangkan baretan, kompon bekerja dengan mengikis lapisan cat. Dengan ini, area baretan dapat tersamarkan atau hilang dengan memoles kompon pada daerah yang baret.

    Terdapat 2 macam kompon di pasaran, yang pertama adalah berwarna coklat atau kuning dan yang kedua yakni berwarna putih. Untuk harganya, kompon ini dibanderol mulai Rp10 ribu rupiah saja per boks kecilnya.

    Fungsi compound

    Sudah pasti kompon berfungsi sebagai penghilang atau penyamar baretan pada bodi kendaraan.

    Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kompon terbagi menjadi coklat atau kuning dan putih. Keduanya memiliki fungsi tersendiri. Untuk mengetahuinya, sebaiknya Anda tidak melewatkan secuplik informasi di bawah ini

    • Kompon coklat atau kuning

    Kompon coklat atau kuning lazimnya digunakan untuk tahap pemolesan pertama. Hal ini dikarenakan kompon ini memiliki sifat yang efektif dalam pengikisan lapisan cat dan baik untuk membuat permukaan kasar cat menjadi rata.

    • Kompon putih

    Kompon berwarna putih berfungsi untuk tahap pemolesan selanjutnya, ketika permukaan cat lebih sedikit halus. Hal ini dikarenakan kompon putih memiliki sifat yang tidak sekeras warna coklat.

    Selain itu, kompon putih juga berfungsi sebagai penghilang kerutan halus yang terdapat pada bodi mobil.

    • Kompon halus

    Ini merupakan jenis compound mobil terlemah untuk digunakan mengikis warna cat. Maka dari itu, fungsi kompon ini sangat direferensikan bagi bodi mobil yang hanya terserempet dengan baretan tipis.

    Tidak hanya itu, kompon halus lazimnya digunakan untuk mengatasi swirl atau yang biasa disebut sebagai goresan halus yang biasa nampak di bawah sinar matahari.

    • Kompon cair

    Kompon ini adalah jenis yang umumnya hanya digunakan oleh sejumlah salon mobil yang mempunyai pengalaman dalam meracik bahan kimia sendiri. 

    Kompon cair memiliki tingkat pengisikas yang sangat rendah dikarenakan ia tidak murni berbahan zat abrasif sehingga sangat aman untuk dipakai.