Berita

    Simak Tips Mudah Membersihkan Kabin Mobil

    Kebersihan ruang kabin tidak hanya sekedar untuk kenyamanan penumpang dan pengemudi mobil saja. Kebersihan kabin mobil juga bagus untuk kesehatan karena bisa meminimalisir kuman, bakteri dan juga virus berbahaya.

    Maka dari itu, setiap pemilik mobil wajib membersihkan kabin secara rutin. Tujuannya agar mobil nyaman dan juga mencegah kuman, bakteri dan virus di mobil Anda.

    Tips Membersihkan Kabin Mobil yang Baik dan Benar

    Untuk mengoptimalkan proses membersihkan ruang kabin mobil Anda, berikut sudah kami rangkum tipsnya di bawah ini:

    1.  Mulailah dari Bagian Bawah Terlebih Dahulu

    Bagian bawah seperti karpet biasanya bagian yang umumnya lebih kotor dari bagian-bagian yang lain. Pasalnya bagian ini bersinggungan langsung dengan alas kaki yang selalu kotor maupun jatuhan remah-remah yang biasa mengotorinya.

    Keluarkan semua karpet mobil terlebih dahulu. Setelah itu cuci karpet tersebut dengan air mengalir lalu gunakan cairan pembersih kemudian sikat sampai bersih.

    Setelah selesai, seka karpet menggunakan lap kering dan bersih. Setelah itu jemur sampai kering. Setelah kering jangan lupa untuk membersihkannya lagi dengan menggunakan vacuum cleaner. Jika tidak memiliki vacuum cleaner bisa dengan menyikat dan menggosok bagian dasarnya.

    2.  Lanjutkan dengan Membersihkan Dasbor

    Bagian kabin mobil yang selanjutnya harus Anda bersihkan yaitu di bagian dasbornya. Pasalnya dasbor merupakan bagian penting pada interior kendaraan yang di dalamnya menyimpan informasi mesin, head unit untuk hiburan, media penyimpanan dan lainnya.

    Untuk membersihkan dasbor, pertama-tama Anda lap terlebih dahulu menggunakan lap basah kemudian selesaikan dengan lap yang kering. Alangkah baiknya Anda memilih jenis lap dari kain microfiber karena lebih bagus dan aman.

    3.  Membersihkan Jok Mobil

    Bagian selanjutnya yang harus Anda bersihkan yaitu di bagian jok. Namun Anda harus hati-hati saat membersihkan bagian yang satu ini. Pastikan Anda membersihkan jok sesuai dengan bahan pelapisnya.

    Umumnya ada dua jenis pelapis jok mobil yang biasa digunakan, yaitu jenis pelapis kulit dan kain. Masing-masing pelapis memiliki cara yang berbeda dalam proses pembersihannya.  

    Khusus untuk jenis pelapis kain, cara membersihkannya yaitu dengan memastikan tidak ada kotoran terlebih dahulu. Setelah tidak ada kotoran seperti debu, Anda bisa mengelapnya menggunakan kain lap yang sudah dibasahi dengan air hangat. Setelah selesai, lap kembali dengan kain kering.