Berita

    Featured Image

    Tetap Oke! Tips Mengemudikan Mobil dengan Keren

    Mengetahui cara mengemudi mobil dengan baik dan elegan adalah kewajiban untuk semua pengemudi. Tujuannya, agar Anda dapat menjelajahi banyak tempat dengan aman dan nyaman. 

    Maka dari itu, gunakan tips dalam ulasan ini agar Anda dapat menghindari situasi yang membahayakan dan menjadi pengemudi elegan yang penuh percaya diri. 

    Cara Mengemudi Mobil dengan Baik

    Berikut lima tips yang bisa Anda pelajari untuk menjadi seorang pengemudi yang andal dan elegan dan tetap aman selama perjalanan: 

    • Patuhi Semua Aturan Rambu Lalin

    Mulai dari lampu rambu-rambu hingga semua tanda yang ada di sepanjang jalan, Anda harus dapat memahami dan mematuhinya. 

    Ketika Anda melanggaran aturan tersebut, bukan hanya terkena denda, tetapi juga dapat membahayakan diri sendiri maupun pengemudi lainnya. 

    Contoh mudah, aturan mengenai batas kecepatan di area kota dan tanda garis putus-putus untuk mendahului. Bila Anda melanggar dengan menaikkan kecepatan melebihi 60 km/jam, bisa diri sendiri dan risiko terjadinya kecelakaan akan lebih tinggi. 

    • Duduk dengan Posisi Tepat

    Cara mengemudi mobil dengan baik yang kedua ini, banyak orang menyepelekannya. Ini adalah tentang mengenai posisi dalam duduk memegang kendali setir. 

    Duduk dengan Posisi TepatFreepik.com

    Pasalnya, penting untuk Anda menempati posisi duduk yang tepat. Tujuannya, agar tangan mudah mengoperasikan kemudi dan kaki bisa menjangkau pedal atau tuas persneling. 

    Selain itu, duduk dalam posisi yang benar akan membuat Anda nyaman dalam berkendara. Paha maupun punggung juga akan lebih rileks dan tidak tegang. 

    • Berhenti Ketika Akan Memasuki Jalan Raya

    Dalam mengemudi kendaraan, ketika Anda baru saja keluar dari area gang atau saat akan memasuki jalan raya, pastikan untuk berhenti terlebih dahulu. 

    Pantau situasi sekitar apakah ada kendaraan lain dari arah yang berlawanan hendak menyeberang atau dari arah yang sama hendak masuk ke gang. 

    Dengan menerapkan aturan ketiga ini, Anda tidak akan membahayakan pengguna jalan lain. Berkendara pun akan terasa lebih aman dan nyaman. 

    • Berkendara di Sisi Kiri dengan Kecepatan Normal

    Dalam cara mengemudi mobil dengan baik keempat, Anda harus memperhatikan lajur yang digunakan. Di Indonesia, saat mengemudi wajib berada di lajur kiri. Kecuali ketika akan menyalip, baru berpindah ke lajur kanan. 

    Untuk itu, pastikan Anda tetap berada di sisi kiri dalam kecepatan normal. Jangan berpindah jalur secara tiba-tiba atau mengendarai terlalu lambat di lajur kanan. Hal ini akan mengganggu pengemudi lainnya. 

    • Hindari Melakukan Tailgate

    Ketika berkendara, pastikan untuk selalu memberi jarak yang aman dengan kendaraan lain. Jangan melakukan tailgate, yaitu mengikuti kendaraan yang ada di depan dalam jarak yang sempit. 

    Dengan menghindari tailgate, Anda akan mengurangi risiko terjadinya tabrakan sebab ada space yang cukup untuk mobil bermanuver entah ke kanan, kiri, atau putar arah. 

    Selain untuk menyelamatkan diri sendiri, menghindari tailgate akan menyelamatkan para pengemudi lainnya. Komponen mesin pun akan lebih awet sebab tidak akan digunakan untuk melakukan pengereman secara tiba-tiba. 

    Itulah kelima tips dan cara mengemudi mobil dengan baik yang dapat Anda pelajari. Pastikan mendapatkan pendamping yang tepat untuk di awal-awal belajar atau saat Anda belum percaya diri untuk menyetir sendiri. 

    Agar berkendara lebih aman, pastikan untuk memeriksakan mobil ke bengkel sebelum terjadi kerusakan. Semakin rutin dan terjadwal, kendaraan akan lebih awet dan mudah dalam perawatannya.