Berita

    Featured Image

    Tips Aman Mengenalkan Mobil kepada Anak

    Apabila Anda menggunakan mobil sebagai kendaraan sehari-hari, maka penting untuk membuat anak akrab dengan mobil. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sehingga anak akrab dengan mobil, berikut tips mengenalkan mobil kepada anak.

    Banyak orang tua kebingungan menghadapi anak yang mudah mabuk, cepat bosan atau tidak betah di dalam mobil selama dalam perjalanan. Dengan mengenalkan mobil pada anak, anak akan lebih terbiasa dan nyaman saat di dalam mobil.

    5 Tips Mengenalkan Mobil kepada Anak

    Berikut ada beberapa tips aman yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan mobil kepada anak:

    • Eksplor Mobil

    Pertama, Anda bisa mengenalkan mobil dengan cara mengajak anak untuk mengeksplorasi bagian mobil bersama-sama secara langsung. Ajak anak untuk mengeksplorasi bagian mobil mulai dari bagian luar sampai bagian dalam.

    Saat di dalam kabin, Anda bisa mengenalkan bagian jok, dashboard, kemudi, dan bagian lainnya sehingga anak lebih familiar dengan mobil. 

    Selain itu, Anda juga bisa mengenalkan beragam jenis mobil yang berbeda dengan jenis mobil yang Anda miliki. Dengan begitu anak akan tahu jika ada banyak jenis mobil yang bisa dinaiki selain mobil milik keluarga sendiri.

    • Cuci Mobil Bersama

    Berikutnya Anda juga bisa ajak anak untuk mencuci mobil bersama. Meski terdengar sederhana, namun mencuci mobil bersama bisa menjadi aktivitas eksplorasi yang menyenangkan.

    Selain menghibur, mencuci mobil bersama juga bisa membuat anak lebih akrab dan terbiasa dengan mobil.

    • Atur Kabin dengan Nyaman dan Aman

    Tips mengenalkan mobil kepada anak berikutnya yaitu sebelum melakukan perjalanan, atur kabin senyaman mungkin sehingga anak betah di dalam mobil. 

    Apabila anak masih kecil, maka Anda bisa menggunakan car seat sesuai dengan usia anak dan jangan lupa untuk memasang sabuk pengaman.

    Pastikan juga kabin mobil dalam kondisi bersih dan rapi sehingga anak nyaman selama dalam perjalanan. Jangan sampai ada tumpukan barang yang mengganggu pergerakan anak selama di dalam mobil.

    • Hidupkan Suasana

    Supaya anak mengetahui jika naik mobil adalah pengalaman yang menyenangkan, maka Anda perlu menghidupkan suasana yang menyenangkan ketika di dalam mobil. Caranya bisa dengan memutar musik kesukaan anak, membawa game sampai makanan kesukaan.

    • Berkendara secara Aman

    Hindari mengebut atau mengerem mendadak saat berkendara bersama anak. Hal tersebut tidak hanya berisiko menyebabkan kecelakaan, namun juga bisa membuat anak merasa mual sehingga merasa tidak nyaman dengan mobil.

    Bahaya Membiarkan Anak Bermain di Dekat Mobil

    Bahaya Membiarkan Anak Bermain di Dekat MobilFreepik.com

    Selain mengenalkan mobil kepada anak supaya nyaman dan betah di dalam mobil, jangan lupa juga untuk memberitahu anak mengenai bahaya bermain di dekat mobil tanpa pengawasan orang tua.

    Ada banyak sekali bahaya yang bisa terjadi jika Anda membiarkan anak bermain baik di dalam maupun di sekitar mobil tanpa pengawasan. Pertama, ketika anak sendiri masuk ke dalam mobil, anak bisa terkunci di dalam mobil.

    Jika kaca mobil dalam keadaan tertutup semua, anak bisa mengalami sesak nafas. Tentu hal tersebut bisa membahayakan keselamatan nyawa anak.

    Selain itu, anak juga bisa menjalankan mobil atau melepas rem yang bisa berakibat mobil menabrak. Oleh karena itu, Anda perlu selalu mengawasi anak dan melakukan pencegahan dengan mengunci semua pintu mobil saat anak bermain di dekat mobil.