Berita

    Tips Merawat Wiper Biar Awet dan Siap Hadapi Hujan

    Wiper merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting namun jarang mendapatkan perhatian dari pemiliknya.

    Ini karena wiper baru terasa manfaatnya saat berkendara kala hujan. Selebihnya, wiper seakan kehilangan fungsi utamanya. Padahal, kondisi wiper yang baik sangatlah diperlukan guna meningkatkan jarak pandang saat berkendara.

    Ditengah kondisi cuaca yang belakangan ini sering berubah dengan cepat, peran penting dari wiper pun juga semakin terasa. Dengan wiper yang sehat maka pengendara akan selalu siap dalam menghadapi berbagai cuaca.

    Lantasi bagaimana cara merawat wiper yang baik? Berikut adalah beberapa tipsnya.

    Periksa kondisi karet wiper

    Wiper mobil terdiri dari bagian blade (rangka besi) dan karet. Rangka besi berfungsi sebagai penyangga, sementara karet memiliki fungsi untuk menghalau dan membersihkan air hujan dari kaca depan kendaraan.

    Bagian karet adalah komponen yang sangat sensitif dan harus dijaga performanya. Bila kondisinya tak terjaga, maka bagian karet akan mudah rusak dan tidak berfungsi sempurna.  Oleh karena itu, lakukan perawatan untuk menjaga kondisi karet wiper. Pastikan tidak memarkir kendaraan di tempat panas. Sebab, suhu tinggi akan diserap oleh kaca dan berdampak pada wiper.

    Perlu diketahui bahwa seiring dengan berjalannya waktu, karet akan getas, kering dan pecah jika terus-terusan terpapar kaca mobil panas. Untuk itu, tak ada salahnya untuk mengangkat dan mengganjal bagian dalam wiper untuk mencegah panas dari kaca mengenai karet.

    Rawat bagian poros wiper

    Di samping karet wiper mobil, bagian selanjutnya yang perlu dijaga performanya adalah poros. Bagian ini berperan untuk menjaga pergerakan wiper selama berkendara di musim hujan. Tak ada salahnya untuk memberikan pelumas agar performanya tetap maksimal. Dengan pelumas maka akan mencegah poros aus dan menjaga perputarannya tak terhambat selama musim hujan.

    Berhati-hati saat mencuci

    Perlu diketahui bahwa bagian permukaan karet wiper terdapat cairan khusus yang berfungsi sebagai pelindung dan pelembab. Untuk itu, pastikan untuk selalu berhati-hati saat mencuci mobil dan jangan sampai lap yang digunakan untuk mengeringkan juga ikut menghilangkan cairan ini.

    Cara yang benar untuk merawat bagian wiper adalah menyiram

    Membersihkan wiper sebenarnya mudah dan tidak merepotkan. Ini karena untuk membersihkannya cukup dengan membilas wiper saja dengan air bersih dan biarkan mengering sendiri. Jangan gunakan lap untuk mengeringkan bagian permukaan wiper karena bisa berisiko menghilangkan cairan khususnya.