Berita

    Berbahaya! Benda-Benda Ini Jangan Sampai Ada di Mobil

    Ketika sedang berkendara, seringkali Anda membawa berbagai barang bawaan sesuai dengan keperluan. Misalnya, ketika akan bekerja atau sedang berlibur bersama keluarga. Namun, ternyata ada jenis barang yang jika ditinggalkan dapat menjadi benda berbahaya di mobil.

    Ada berbagai benda yang sebaiknya tidak ditinggalkan di dalam mobil, karena bisa jadi menimbulkan dampak kerusakan atau bahaya. Simak penjelasan berikut hingga tuntas untuk mengetahui barang apa saja yang dimaksud!

    Benda Berbahaya di Mobil

    Tidak semua benda akan aman jika ditinggalkan di dalam mobil, karena bisa jadi memiliki risiko tertentu. Berikut adalah daftar benda yang sebaiknya tidak ditinggal atau disimpan terlalu lama di dalam mobil.

    Jika Anda membawa benda-benda berikut di perjalanan, maka pastikan Anda mengeluarkannya ketika memarkirkan mobil.

    • Barang Elektronik

    Benda pertama yang sebaiknya tidak ditinggalkan yaitu berbagai jenis barang atau perangkat elektronik. Misalnya, smartphone, powerbank, kamera digital, GPS, serta laptop.

    Meninggalkan benda-benda elektronik dapat memicu dua jenis bahaya. Pertama, yaitu bahaya kriminal, misalnya tindakan pencurian. Kedua, merupakan benda berbahaya di mobil karena dapat menjadi pemicu terjadinya ledakan.

    Secara umum, berbagai perangkat elektronik memakai baterai sebagai sumber dayanya.  Komponen di dalamnya pun cenderung tidak didesain untuk tahan terhadap suhu yang terlalu tinggi.

    Jika ditinggalkan di dalam kabin mobil dan berada dalam suhu yang cenderung panas, maka perangkat tersebut bisa saja meledak. Dampaknya, hal tersebut dapat membakar mobil.

    • Korek Api

    Bagi sebagian orang, membawa korek api adalah sebuah keharusan, misalnya untuk mereka yang merokok. Maka dari itu, tidak jarang benda ini ditemukan di dalam mobil.

    Namun, perlu diperhatikan bahwa korek api dapat memiliki risiko bahaya jika ditinggalkan di dalam mobil, karena bisa menjadi salah satu sumber ledakan.

    Risiko tersebut dapat menjadi lebih tinggi ketika Anda memarkirkan mobil di bawah sinar matahari yang terik. Memanasnya suhu kabin mobil, dapat menjadi pemicu meledaknya korek api.

    Ketika hak tersebut terjadi, maka pecahan korek api dapat memicu pecahnya kaca mobil. Api yang menyebar juga dapat membakar bagian jok mobil.

    Maka dari itu, sebaiknya jangan tinggalkan korek api di kabin, karena ini merupakan salah satu benda berbahaya di mobil.

    • Makanan