Berita

    Tips Mencegah Karat pada Bagian Mobil

    Para pemilik mobil mungkin sudah tidak asing dengan bagian mobil berkarat. Karat ini pun terasa tak sedap bila dipandang. Belum lagi ia bisa mempengaruhi performa mobil saat dikendarai di kehidupan sehari-hari.

    Sebenarnya ada penyebab mengapa mobil bisa berkarat. Selain itu, ada juga tips mencegah agar hal tersebut tidak terjadi. Berikut ulasan selengkapnya.

    Penyebab Bagian Mobil Berkarat

    Ada berbagai hal yang menyebabkan bagian-bagian mobil bisa berkarat. Berikut beberapa di antaranya:

    • Hujan

    Hujan tidak mengandung air seperti yang kita minum di kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan air hujan mengandung asam yang tinggi, terlebih lagi di daerah perkotaan. Air ini pun membuat karat lebih cepat terbentuk bila dibiarkan secara terus menerus.

    • Kotoran

    Kotoran yang lama menempel pada bodi mobil dapat mengeras sehingga cat body mobil akan terkelupas jika dibersihkan. Hal inilah yang membuat mobil berkarat karena tidak berpelindung.

    • Parkir di Tempat Lembab

    Tempat yang lembab mempunyai kadar uap air yang tinggi. Meskipun tidak berbentuk cair, namun ia tetap bisa membuat bagian-bagian mobil cepat berkarat apalagi jika mobil diparkir di tempat tersebut dalam waktu yang lama.

    • Air Laut

    Air laut memiliki kadar garam serta mineral yang tinggi. Jika terkena mobil, maka ia akan membuat mobil berkarat. Bahkan karat yang terbentuk bisa lebih cepat.

    • Genangan Air

    Tergenang atau terciprat air juga bisa membuat mobil lebih cepat berkarat. Hal ini disebabkan genangan mengandung air hujan dengan kadar asam yang tinggi serta kotoran. Pengkaratan akan lebih mudah terjadi jika mobil dibiarkan tergenang banjir.

    Cara Mencegah Karat pada Mobil

    Meskipun terdapat berbagai faktor yang bisa menyebabkan karat, namun Anda juga dapat mencegah faktor tersebut merusak mobil Anda. Inilah penjelasannya:

    • Cuci Mobil

    Mobil perlu dicuci secara rutin. Dengan demikian, kotoran yang menempel pada mobil bisa terangkat secara berkala. Terlebih lagi jika mobil baru saja terkena banjir atau hujan, maka mobil perlu segera dicuci untuk mengangkat air hujan dan kotoran.

    Tak hanya bagian luar saja, bagian dalam mobil juga perlu dicuci. Setelah mencucinya, jauhkan mobil dari paparan sinar matahari langsung untuk menjaga keawetan cat mobil.

    • Cek Mobil