Berita

    Dongkrak Hidrolik Wajib Ada di Dalam Mobil

    Dongkrak hidrolik merupakan salah satu alat yang sebaiknya dibawa ketika bepergian. Dengan begitu, Anda dapat mengantisipasi potensi risiko yang terjadi di masa mendatang ketika berada di jalan.

    Lalu, apa itu dongkrak jenis hidrolik dan apa saja fungsinya? Temukan jawabannya dalam pembahasan berikut ini!

    Mengenal Dongkrak Hidrolik

    Dongkrak adalah alat yang dapat digunakan untuk membantu mengangkat beban yang sangat berat. Dongkrak sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu dongkrak jenis mekanik dan jenis hidrolik. 

    Dongkrak jenis hidrolik lebih banyak dipakai terutama dalam menangani permasalahan pada mobil. Seperti namanya, dongkrak jenis hidrolik menggunakan gaya hidrolik dan cairan khusus dalam mengangkat beban. 

    Dongkrak ini memiliki dua jenis tabung dengan ukuran yang berbeda. Lebih tepatnya yaitu besar dan kecil. 

    Adapun cara kerja dongkrak tersebut yaitu menggunakan hukum Pascal dimana ketika gaya diletakkan pada tabung dongkrak kecil, maka gaya tersebut akan menyebar dan menyebabkan tabung hidrolik yang besar terdorong sehingga beban dapat terangkat. 

    Keunggulan jenis dongkrak ini dibanding dengan jenis lainnya yaitu memiliki ukuran yang cenderung kecil, sehingga lebih mudah dibawa kemana saja. 

    Penggunaan dongkrak ini juga tergolong mudah termasuk bagi Anda yang belum pernah memakai dongkrak. Selain itu, harga dongkrak ini juga lebih terjangkau. 

    Fungsi Dongkrak Hidrolik

    Fungsi utama dari dongkrak ini adalah untuk membantu mengangkat mobil ketika Anda ingin mengganti ban mobil yang kempes atau bocor. 

    Alat ini penting sekali untuk selalu Anda bawa ketika bepergian sehingga jika sewaktu waktu ban mobil Anda bocor, Anda bisa menggantinya sendiri tanpa perlu ke bengkel. 

    Selain berfungsi untuk mengganti ban mobil yang kempes, dongkrak ini ternyata punya fungsi lain diantaranya yaitu membantu untuk memeriksa atau mengecek komponen yang terletak di bawah mobil seperti catalytic converter.

    Tak hanya itu, dongkrak ini juga bisa Anda gunakan ketika ingin memeriksa sekaligus memperbaiki sistem rem mobil Anda. 

    Cara Menggunakannya

    Lalu, bagaimana cara menggunakan dongkrak jenis hidrolik untuk mengganti ban mobil yang tengah kempes? 

    Perlu diketahui, dongkrak ini memiliki bentuk seperti tuas dengan tabung. Penggunaannya cukup mudah yaitu meletakkan dongkrak pada area mobil yang ingin Anda angkat. Pastikan Anda meletakkan dongkrak pada area yang rata supaya mobil tetap seimbang ketika diangkat.