Berita

    Ketahui Jenis Asuransi Mobil Yang Cocok Buat Anda

    Tidak hanya manusia, mobil juga wajib memiliki perlindungan, apabila tiba-tiba ada sesuatu yang terjadi di jalan. Apalagi saat Anda belum memiliki dana darurat yang cukup. Maka asuransi mobil sangat diperlukan supaya ada back up ketika terjadi sesuatu di jalan.

    Namun sebelum memilih asuransi, Anda harus memahami dulu apa saja jenis-jenisnya. Supaya tidak salah pilih asuransi, dan malah bisa merugikan pemilik mobil.

    Jenis-jenis Asuransi Mobil

    Asuransi merupakan jaminan perlindungan terhadap suatu barang atau nyawa di beberapa hal tertentu. Misalnya untuk mobil, maka asuransi bisa melakukan back up pembiayaan saat terjadi kecelakaan, risiko rusak bahkan hilang.

    Nah, ada dua jenis asuransi pada mobil yang bisa dipilih. Apa saja?

            1. Asuransi All-Risk

    Jenis pertama ini akan menanggung risiko dari seluruh kendala yang dialami oleh mobil Anda. Mulai dari risiko kecelakaan ringan dan berat, kehilangan atau bahkan bencana alam.

    Karena all risk, maka jelas pembayarannya juga jauh lebih mahal. Sebab tidak menutup kemungkinan, semua bisa terjadi pada mobil Anda.

            2. Total Loss Only (TLO)

    Asuransi yang kedua khusus untuk kerusakat berat saja dan risiko mobil hilang. Jenis ini hanya akan menanggung apabila kerusakan mobil mencapai 75 persen. Apabila kurang dari persentase tersebut, maka pihak asuransi tidak bisa mencairkan klaim.

    Untuk biaya asuransi ini, lebih murah ketimbang jenis pertama. Namun tenang saja, asuransi juga bisa menanggung kerugian karena adanya pencurian mobil.

    Cara Memilih Asuransi Untuk Mobil Anda

    Setelah mengetahui jenisnya, pilihlah asuransi mobil yang cocok untuk kendaraan Anda. Bagaimana caranya:

            1. Pahami Kebutuhan Anda

    Anda harus paham, asuransi apa yang tepat untuk kebutuhan kendaraan Anda. misalnya saja jika jam berkendara Anda cukup tinggi. Ditambah lagi, mobil sering disewakan untuk rental, maka lebih baik memiliki asuransi jenis all risk. 

    Sebab, jika mobil Anda sering digunakan, maka potensi kecelakaan juga semakin besar. Maka lebih baik memilih yang bisa menanggung kerusakan kecil hingga besar.

    Kebalikannya, jika Anda tidak terlalu banyak keluar rumah, maka cukup memilih asuransi TLO. Sebab, potensi kecelakaan juga lebih kecil.

    Terakhir, pahami tingkat kriminalitas di wilayah Anda. Ini bisa jadi faktor penentu untuk memilih produk asuransi, yang bisa menjamin kehilangan kendaraan.