Berita

    Ketahui Leasing Mobil Cara Sewa Mobil yang Aman

    Ketika menginginkan atau membutuhkan mobil namun jumlah uang yang dimiliki belum mencukupi, biasanya orang akan dihadapkan oleh dua pilihan. Pertama, membeli mobil secara kredit atau yang kedua, leasing

    Saat ini banyak orang yang memanfaatkan leasing atau jasa sewa mobil yang aman untuk mendapatkan mobil dengan cepat. Namun, apa itu leasing mobil dan bagaimana cara mengajukannya? Berikut ulasannya.

    Mengenal Leasing Mobil Cara Mengajukannya

    Mungkin sebagian dari Anda ada yang masih asing dengan istilah leasing. Di Indonesia leasing sendiri kerap disamakan dengan kredit mobil,  namun sebenarnya keduanya adalah hal yang berbeda. 

    Kata leasing berasal dari bahasa Inggris yaitu lease, yang berarti menyewakan. Dalam istilah finance, leasing adalah aktivitas pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan dengan meminjamkan atau mengadakan barang modal sesuai dengan kesepakatan. 

    Untuk peminjaman leasing mobil dilakukan dengan menyewakan mobil dalam jangka waktu tertentu misalnya 2 sampai 3 tahun. Setiap bulan, penyewa harus membayar angsuran sesuai dengan kesepakatan. Di akhir masa kontrak, mobil yang disewa akan dikembalikan atau dibeli oleh penyewa.

    Sedangkan pengadaan leasing dilakukan dengan menjual mobil pada perusahaan penyedia layanan pembiayaan untuk kemudian disewa kembali oleh penjual mobil. Kegiatan tersebut dikenal dengan sales and lease back

    Biasanya leasing dilakukan oleh perusahaan rent car yang memerlukan banyak mobil. Selama penyewa membayar angsuran bulanan, maka laba usaha tetap milik penyewa. Namun mobil yang disewa tetap menjadi milik penyedia jasa leasing

    Sedangkan kredit mobil adalah kegiatan pembelian mobil dengan cara meminjam dana melalui perusahaan kredit mobil atau bank. Persamaannya, apabila Anda tidak dapat membayar cicilan bulanan maka mobil akan ditarik kembali oleh perusahaan.

    Cara Mengajukan Leasing

    Sebelum mengajukan leasing maka Anda perlu mengetahui ketentuan sewa mobil yang aman terlebih dahulu diantaranya yaitu

    • Penyewa wajib membayar biaya sewa secara rutin
    • Sewa mobil dilakukan dalam jangka waktu tertentu, bisa 36 bulan atau 48 bulan
    • Ketika masa sewa berakhir, Anda bisa mengembalikan, memperpanjang atau membeli mobil sewa

    Selanjutnya Anda bisa memilih jenis model yang ingin Anda sewa, lama waktu sewa serta perkiraan total jarak tempuh selama Anda menyewa. Biaya sewa akan ditentukan berdasarkan pilihan Anda di atas.