Berita

    Featured Image

    Panduan Memasang Kursi Mobil Anak dengan Benar

    Kursi mobil anak merupakan salah satu aksesori yang dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara. Dengan bantuan kursi ini, si kecil dapat duduk lebih nyaman di mobil. Terlebih ketika Anda melakukan perjalanan jauh bersama anak.

    Dalam pemasangan car seat ini tentu ada caranya. Anda perlu memasangnya dengan benar sesuai aturan agar keamanan dari kursi tersebut lebih terjamin. Lalu, bagaimana cara memasang car seat anak yang benar? Berikut informasinya!

    Cara Memasang Kursi Mobil Anak yang Benar 

    Salah satu aksesori tambahan yang sangat bermanfaat yaitu kursi mobil untuk anak. Bila Anda juga tertarik untuk memasang aksesori ini pada kendaraan, mari simak panduan pemasangannya di bawah ini:

    • Perhatikan Berat Badan dan Tinggi Si Kecil

    Dalam memasang kursi mobil anak, Anda harus memerhatikan tinggi dan berat badan si kecil. Pasalnya, hal ini akan memengaruhi jenis dan daya tahan dari car seat yang Anda pasang. 

    Untuk bayi baru lahir, biasanya jenis car seat yang digunakan yaitu seat khusus infant. Kursi ini sangat cocok digunakan untuk bayi karena bisa melindunginya dari guncangan mobil saat melaju.

    Sementara itu, bila anak Anda sudah berusia 9 bulan sampai 3 tahun, jenis car seat yang digunakan yaitu seat konvertibel. Kursi tambahan ini memiliki ukuran yang lebih kokoh dan besar. 

    Sementara itu, untuk anak usia 4-7 tahun mereka bisa menggunakan kursi mobil yang menghadap ke depan. Dalam hal ini, Anda perlu memerhatikan petunjuk yang terdapat pada kursi mobil agar bisa memilih tipe yang sesuai dengan usia anak.

    • Pasang Kursi Mobil Sesuai Ketentuan yang Berlaku

    Bila Anda sudah menentukan jenis kursi mobil yang akan dipasang, selanjutnya pasang kursi tersebut sesuai ketentuan. Dalam hal ini, Anda harus memerhatikan faktor keselamatan. Baik dari sisi penumpang, anak, dan pengemudi. 

    Tujuannya, yaitu agar anak-anak bisa terhindar dari cedera serius bila terjadi kecelakaan atau benturan. Aturan pemasangan kursi ini bisa Anda lihat langsung di buku panduan yang biasanya disertakan dengan kursi anak tersebut.

    • Atur Posisi Kursi Mobil 

    Selanjutnya, Anda bisa mengatur posisi kursi mobil anak agar posisinya aman. Untuk bayi hingga usia 2 tahun, sebaiknya kursi dipasang menghadap ke belakang. Pastikan kursi tersebut sudah terpasang dengan benar dan aman.

    Dari sebuah sumber diketahui penempatan kursi anak paling terbaik yaitu di posisi tengah. Anak yang duduk di tengah 43% lebih aman ketimbang anak yang duduk di belakang penumpang atau pengemudi. 

    • Pasang Sistem Jangkar

    Beberapa model seat car anak menggunakan sistem jangkar untuk dipasang. Jenis kursi mobil ini biasanya sudah dikirim beserta dua pengait. 

    Pasangkan pengait tersebut pada alas tempat pemasangan kursi. Kencangkan sabuk jangkar hingga menempel pada dudukan. Beberapa tipe kursi bayi juga sudah menyertakan sabuk pengaman sendiri sehingga si kecil lebih aman. 

    • Kunci dan Eratkan Sabuk

    Langkah terakhir yang harus Anda lakukan dalam pemasangan sabuk pengaman. Kunci dan eratkan sabuk tersebut agar anak lebih aman saat duduk di sana. 

    Dalam hal ini, pastikan terlebih dahulu bahwa car seat sudah dipasang dengan benar. Lalu, kunci hingga berbunyi klik. Selain itu, pasangkan juga sabuk pengaman yang tersedia di car seat pada tubuh si kecil.