Berita

    Simak fungsi dari ECU Mobil

    Mobil berteknologi injeksi sangat merasakan manfaat dari fungsi ECU (Electronic Control Unit). ECU mobil merupakan komponen yang berfungsi sebagai sirkuit utama dari sebuah mobil. Layaknya CPU pada komputer, komponen ini yang menjadi pengendali mekanis pada mobil.

    ECU juga bisa dikatakan sebagai otak dari mobil karena berisi rangkaian perintah dan sistem kerja berbentuk rangkaian elektronika. Penting sekali bagi para pengendara mengetahui informasi ECU ini, mulai dari pengertian hingga fungsinya. 

    Pengertian ECU

    Sebelum pembahasan bergerak lebih jauh, sebaiknya Anda mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. ECU merupakan singkatan dari Electronic Control Unit yang berperan sebagai sirkuit elektronik utama dari sebuah mobil.

    Hampir seluruh sistem dalam mobil saat ini telah mengadopsi teknologi elektronika dan bisa dikatakan saat ini mobil sudah seperti produk elektronik karena memiliki sirkuit utama. 

    Jika diumpamakan, ECU ini mirip dengan CPU pada komputer yang akan memegang fungsi kendali dari hardware. Namun, pada mobil sendiri hardware-hardware yang dikendalikan yaitu berupa aktuator sebagai pengganti sistem mekanis seperti injector, electric fan, VVT, dan sebagainya.

    Fungsi ECU Mobil

    Dalam sistem kerja mobil, ECU mempunyai beberapa fungsi. Tetapi, fungsi utamanya adalah menjadi sistem sirkuit elektronik yang utama pada mobil serta bertugas dalam mengontrol bagian lainnya. Sebagai pengontrol, ECU bisa memberikan beberapa dampak seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

    • Pencampuran Bahan Bakar Lebih Mudah

    Dalam sistem pembakaran mobil, bahan bakar harus dicampur dengan udara akan dapat menghasilkan kombinasi yang tepat. Berkat adanya ECU, proses pencampuran ini bisa berjalan dengan lebih mudah dan tepat.

    Pada awalnya, pencampuran antara bahan bakar dengan udara, kecepatan putaran mesin, sampai pengukuran waktu pengapian dilakukan dengan cara mekanis. Tetapi, berkat sistem komputerisasi ini fungsi tersebut bisa dijalankan lebih baik dan mudah.  

    • Menentukan Suplai Bahan Bakar Lebih Tepat

    Fungsi berikutnya dari ECU mobil yaitu untuk menentukan persediaan bahan bakar menjadi lebih tepat. Bahan bakar akan disuplai ke dalam mesin yang dioperasikan dengan program komputer yang telah berisi data-data untuk menggerakan mesin tersebut sesuai takarannya.

    • Menentukan Durasi Injeksi Bahan Bakar