Berita

    Tips Ganti Speaker Untuk Audio Mobil Yang Lebih Maksimal

    Mendengarkan musik sambil berkendara tentu sangat mengasyikkan. Apalagi jika didukung dengan kualitas audio mobil yang mumpuni. Bagi Anda pecinta mobil, tentu tidak asing lagi dengan modifikasi speaker pada mobil untuk mendapatkan sensasi yang lebih maksimal.

    Berikut ini beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika ingin mengganti speaker pada mobil Anda :

            1. Pahami setiap komponen sistem audio pada mobil

    • Head unit

    Bagian ini merupakan otak dari sistem audio pada mobil. Bertugas mengatur sinyal agar dapat terkoneksi dengan perangkat audio lainnya. 

    Kini tampilannya pun sudah semakin canggih, dengan menyediakan fitur touchscreen, Anda dapat mengatur volume, equalizer, dan lainnya dengan sangat mudah.

    • Amplifier

    Setelah head unit mengatur sinyal yang ada, kemudian akan lebih dikuatkan oleh amplifier. Bagian lain dari system audio pada mobil pun akan semakin mudah menangkap sinyal dari head unit. Selain itu amplifier juga meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan. 

    • Crossover

    Sinyal yang didapatkan akan dibagi oleh crossover. Crossover sendiri memiliki 2 jenis, yaitu aktif dan pasif. 

    Crossover aktif membagikan frekuensi sebelum sinyal masuk ke komponen amplifier. Sementara crossover pasif membagikan frekuensi setelah sinyal diperkuat oleh komponen amplifier.

    Komponen ini hanya dibutuhkan oleh speaker mobil yang memiliki system 2 atau  3-way saja. Sementara untuk mobil dengan system 1 suara, crossover tidak diperlukan.

    • Speaker

    Komponen ini sebagai media untuk mengeluarkan output dari sistem audio pada mobil. 

    Tipe speaker sendiri beragam, ada tweeter yang berfokus pada frekuensi suara yang tinggi, midrange yang bertugas memperjelas suara vokal manusia, juga ada midbass yang berfokus pada pengolahan frekuensi suara rendah.

            2. Sesuaikan budget

    Sebelum Anda memodifikasi speaker pada mobil, baiknya Anda menyiapkan budget terlebih dahulu agar dapat disesuaikan dengan sistem audio mobil yang Anda inginkan. Percuma saja nantinya, jika budget ternyata belum mencukupi biaya modifikasi mobil yang telah Anda rencanakan. 

            3. Cari informasi mengenai merek audio