Berita

    Ini Fungsi Dwell Tester Cara Membaca & Mengunakannya

    Ketika kendaraan digunakan secara terus menerus, maka mobil dapat mengalami penurunan performa. Untuk mengembalikan performa kendaraan maka diperlukan perbaikan. Perbaikan performa kendaraan pada sistem pengapian konvensional adalah dengan memakai dwell tester. 

    Merupakan alat ukur elektrik yang digunakan untuk mengukur sudut dwell kendaraan. Alat ini tergolong alat elektrik karena hanya dapat digunakan ketika ada aliran listrik. 

    Sudut dwell merupakan sudut lama kotak platina ketika menutup. Sudut dwell yang tidak sesuai dapat menganggu proses pengapian mesin dan dapat mengakibatkan kendaraan mengalami kerusakan.

    Fungsi

    Biasanya dwell twester akan dilengkapi dengan tacho meter. Tacho meter sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengukur RPM atau kecepatan putaran suatu mesin kendaraan. Adapun fungsi dwell tester adalah untuk mengukur sudut dwell dari mulai kotak platina menutup sampai terbuka.

    Komponen

            1. Pointer

    Pointer merupakan jarum kecil yang menunjukkan hasil ukur dari sudut dwell mesin kendaraan.

            2. Skala Ukuran

    Skala ukuran merupakan skala atau angka yang menunjukkan besarnya sudut dwell. Terdapat dua skala, yang bagian atas untuk membaca RPM sedangkan yang bagian bawah untuk membaca sudut dwell.

            3. Skrup Penyetel

    Skrup penyetel adalah skrup yang berfungsi untuk mengembalikan pointer pada angka nol sebelum Anda mengukur sudut dwell. Tujuannya adalah agar Anda mendapat hasil pengukuran yang akurat. 

            4. Saklar Pemilih

    Seperti yang sudah disebutkan bahwa pada alat ukur dwell terdapat tacho meter. Saklar pemilih atau selector berfungsi untuk mengubah mode alat ukur dwell. Jika Anda akan mengukur RPM maka pilih mode tach sedangkan jika Anda akan mengukur sudut dwell maka pilih mode dwell. 

            5. Kabel

    Pada alat tersebut Anda akan menjumpai dua kabel yaitu kabel berwarna merah dan kabel berwarna hitam. Kabel merah berfungsi untuk mengukur tegangan pada kotak platina tertutup sedangkan kabel hitam akan dihubungkan pada baterai negatif.

    Cara Pemakaian

    1. Siapkan kendaraan
    2. Sebelum memakai alat ini pastikan bahwa pointer menunjukkan angka nol. Apabila tidak maka gunakan skrup penyetel untuk mengembalikan jarum pada angka nol. Caranya putar skrup memakai obeng sampai jarum menunjukkan angka nol.
    3. Pasang kabel merah pada koil negatif dan pasang kabel hitam pada baterai negatif.
    4. Nyalakan mesin kendaraan Anda sampai mesin panas
    5. Ubah skala pengukuran menjadi mode dwell menggunakan saklar pemilih
    6. Ada beberapa macam skala yang bisa digunakan untuk membaca hasil yaitu skala 8 dan 6. Apabila mesin kendaraan Anda memakai 8 silinder maka Anda bisa memakai skala 8 silinder begitupula jika Anda memiliki mesin dengan 6 silinder maka Anda perlu memakai skala 6.
    7. Terakhir bandingkan hasil dengan standar pengukuran. Jika berbeda maka Anda perlu menyetel sudut dwell.