Berita

    Ketahui Tips Berkendara Saat Hujan Lebat dengan Aman

    Akhir tahun ini, hujan mengguyur hampir seluruh wilayah Indonesia. Untuk itu bagi Anda yang mengemudikan mobil, patut berhati-hati berkendara saat hujan. Supaya tidak terjadi kecelakaan dalam berkendara.

    Sebab hujan lebat mampu mengurangi visibilitas dalam berkendara. Selain itu, ban juga jadi mudah slip karena kondisi jalan yang licin.

    Cara Aman Berkendara saat Hujan Lebat

    Anda harus melakukan beberapa tips berikut saat terpaksa harus berkendara dalam keadaan hujan lebat. Supaya tetap aman dan selamat sampai tujuan.

    • Berkendara dengan Pelan

    Hujan lebat membuat visibilitas terganggu. Meskipun kaca mobil dibersihkan dengan wiper, tapi kelebatan hujan membuatnya seringkali terhalang. 

    Maka dari itu, cara aman yang bisa Anda terapkan adalah dengan mengurangi laju kendaraan. Apabila dalam keadaan normal Anda biasa mengendarai mobil dengan kecepatan 80 km/jam, maka saat hujan kurangi hingga 40 km/jam.

    Selain karena visibilitas yang berkurang, jalanan pun dipastikan akan licin. Hal ini menyebabkan ban mengalami slip. Ditambah lagi jika ada lubang pada jalan. Maka peluang untuk slip semakin besar.

    • Pastikan Rem hingga Lampu Berfungsi dengan Baik

    Ada beberapa komponen pada mobil yang penting saat hujan lebat. Antara lain adalah rem, lampu kota, hazard, dan wiper. Pastikan seluruh komponen tersebut mampu bekerja dengan baik ya.

    Misalnya saja rem yang harus dalam kondisi prima. Agar bisa dengan cepat mengurangi kecepatan kendaraan.

    Sementara wiper, harus bisa berfungsi dengan baik, terutama karet untuk membersihkan rintik air pada mobil. Maka dari itu, jangan sampai wiper ini tidak berfungsi ya.

    Selanjutnya lampu kota untuk membantu penerangan saat berkendara. Terakhir lampu hazard untuk memberi tanda jika ada dalam keadaan darurat.

    • Jaga Jarak

    Berikutnya adalah memastikan jarak antar kendaraan cukup jauh. Anda tidak perlu terlalu berdempetan dengan kendaraan di depan maupun samping. Karena malah bisa membahayakan apabila terjadi sesuatu di jalan.

    Terutama pada sistem pengereman. Pada jalanan basah, sistem rem akan mengalami penurunan performa. Jika biasanya mobil bisa berhenti dengan menekan pedal rem selama 5 detik di kondisi terik, maka jika hujan bisa menjadi 8 detik.

    Untuk menghindari hal tersebut, pastikan jarak antar kendaraan juga lebih lebar ya. Khawatir proses rem terlalu mepet.

    • Atur Sistem Pendingin