Berita

    Tips Melakukan Perjalanan Aman Bersama Lansia

    Siapa bilang kalau melakukan perjalanan bersama orang tua yang telah lanjut usia tidak menyenangkan. Anda bisa menikmati berkendara aman bersama lansia jika mengerti cara menyiasatinya. Seperti memperhatikan posisi duduk, suhu dalam kabin, dan lain sebagainya. 

    Sebenarnya, apa saja yang harus dilakukan agar para orang tua tetap merasa nyaman walau harus duduk lama dalam mobil? Berikut informasinya. 

    Begini Cara Berkendara Aman Bersama Lansia

    Sebagai pengemudi, Anda tentu harus memperhatikan kenyamanan dan keselamatan semua penumpang, termasuk ketika berkendara bersama lansia. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar mereka tetap merasa nyaman meski melakukan perjalanan jauh, diantaranya adalah: 

    • Cek Kondisi Mobil

    Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengecek performa kendaraan. Pastikan semua dalam kondisi prima mulai dari rem, ban, mesin, dan lain sebagainya. Bila perlu, lakukan servis rutin ke bengkel resmi sebelum melakukan perjalanan jauh.  

    • Konsultasi Dokter

    Selain mobil, penumpangnya pun harus dalam kondisi prima, terutama orang tua Anda. Jadi, berkonsultasilah kepada dokter dan mintalah untuk dilakukan pengecekan kesehatan secara menyeluruh. 

    Bila perlu, mintalah resep atau obat yang biasa dikonsumsi oleh orang tua Anda seperti obat untuk diabetes dan darah tinggi. Ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi masalah medis selama perjalanan. 

    • Utamakan Kenyamanan

    Melakukan perjalanan jauh tentunya sangat melelahkan. Itu sebabnya, Anda harus memastikan bahwa posisi duduk para orang tua telah aman dan nyaman meski harus tetap menggunakan sabuk pengaman. 

    Caranya adalah dengan menyesuaikan posisi kursi penumpang dengan postur tubuh mereka. Bisa juga dengan menambahkan bantal pada kursi atau kursi plastik sebagai pijakan agar kaki tidak mudah bengkak. 

    • Mengatur Waktu Perjalanan

    Tips yang berikutnya agar orang tua merasa nyaman selama berkendara adalah memilih waktu yang tepat. Sebaiknya, lakukan perjalanan di pagi atau siang hari karena bisa menikmati pemandangan dengan bebas dibandingkan malam hari. 

    • Mengatur Suhu AC

    atur suhu ac mobilPixabay.com

    Tidak semua orang senang dengan suhu udara AC yang dingin, termasuk juga lansia. Untuk itu, jangan ragu untuk bertanya dan aturlah temperatur AC mobil agar suhu dalam kabin terasa sejuk untuk mereka, tidak terlalu dingin atau terlalu panas. 

    • Gunakan Kecepatan Stabil

    Walau jalanan terlihat lengang, jangan mengemudi dengan kecepatan tinggi. Sebab, untuk bisa berkendara aman bersama lansia Anda harus menggunakan kecepatan yang stabil. 

    Selain itu, hati-hati dalam memilih jalan, hindari lubang, dan turunkan kecepatan apabila melewati jalanan yang bergelombang agar mereka tetap merasa nyaman. 

    • Jaga Jarak Aman

    Selain kecepatan, Anda juga harus menjaga jarak antar kendaraan tetap aman agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

    Misalnya saja harus mengerem secara mendadak karena menghindari benturan dengan kendaraan yang ada di depan mobil Anda. 

    • Hindari Kemacetan

    Upayakan sebisa mungkin untuk menghindari jalanan yang macet. Seperti halnya anak kecil, para lansia akan merasa tidak nyaman dan cepat bosan jika terjebak kemacetan terlalu lama. 

    Untuk itu, hindari rute yang berpotensi macet dan sebisa mungkin mencari rute dengan jarak tempuh paling dekat serta jalan yang medannya mulus dan lancar.

    • Beri Jeda Istirahat

    Pahami bahwa ketahanan fisik setiap orang tidak sama, jadi jangan lupa untuk memberikan waktu istirahat sejenak. Anda bisa berhenti di rest area, pom bensin, atau di restoran. 

    Gunakan waktu istirahat tersebut dengan sebaik mungkin untuk menghilangkan penat seperti mengisi perut dengan makanan dan minuman, olahraga ringan, atau tidur sejenak. 

    Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan jika ingin berkendara aman bersama lansia. Jangan lupa untuk melakukan service secara berkala, terutama ketika hendak melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil.